×
Community Blog Kopi Kenangan Mengatasi 5 Tantangan Bisnisnya dengan Alibaba Cloud!

Kopi Kenangan Mengatasi 5 Tantangan Bisnisnya dengan Alibaba Cloud!

Pelajari bagaimana Kopi Kenangan mengatasi berbagai tantangan untuk memberikan pengalaman O2O terbaik bagi pelanggannya.

Cari tahu bagaimana pelanggan kami memanfaatkan cloud untuk sukses di berbagai pasar di whitepaper Best Practices of Cloud Adoption in Indonesia.

Saat ini, untuk mendapatkan kesuksesan yang maksimal, para retailer di Asia Pasifik mulai melakukan digitalisasi dan merangkul model bisnis offline ke online (O2O). Namun perpindahan ke O2O bukanlah pekerjaan yang mudah karena ada saja masalah terkait kinerja database dan jaringan, compliance dan keamanan data yang harus Anda perhatikan dan Anda kelola.

Salah satu pelanggan kami, Kopi Kenangan, mengatasi tantangan ini untuk memberikan pengalaman O2O yang mulus bagi pelanggannya. Kopi Kenangan juga memigrasikan aplikasinya ke Alibaba Cloud dalam waktu satu minggu dan tanpa gangguan apa pun pada operasi bisnisnya. Mari kita cari tahu lebih lanjut bagaimana mereka mencapai ini.

Introducing Kopi Kenangan

Screen_Shot_2021_05_05_at_11_43_26

Didirikan pada tahun 2017, Kopi Kenangan menemukan resep kopi yang segar, berkualitas tinggi dan terjangkau untuk pelanggannya di Indonesia.

Dengan lebih dari 400 cabang, Kopi Kenangan telah memiliki pencapaian yang besar dan mulai mengintegrasikan pasar online dan offline dengan memanfaatkan layanan on-demand seperti Go-Jek (GoFood) dan Grab (GrabFood).

Hingga akhir 2019, transaksi online Kopi Kenangan diperkirakan mencapai sepertiga dari pesanannya, dan bisnis online-nya terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Kopi Kenangan adalah pelopor dalam pasar O2O - mari kita lihat langkah-langkah yang diperlukan pada saat Kopi Kenangan beralih ke O2O, agar Anda dan bisnis retail Anda dapat mengatasi tantangan yang akan datang dan mengalami kesuksesan digital yang sama.

Tantangan #1: Meningkatkan Performa Database

Masalah: Kinerja database yang lambat, sebagian besar karena meningkatnya jumlah transaksi dan volume analytics.

Solusi: Elastic Compute Service (ECS), Auto Scaling dan Alibaba Cloud Container for Kubernetes (ACK).

Alibaba Cloud adalah penyedia public cloud kelas dunia dengan kehadiran lokal yang kuat di Indonesia dan data center yang berlokasi di Jakarta. Rangkaian produk database berbasis cloud kami membantu Kopi Kenangan mencapai skalabilitas tinggi dan ketersediaan yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan bisnisnya.

Tantangan #2: Kebutuhan Data Omnichannel

Masalah: Pengelolaan data terbatas, sering kali harus memisahkan pelanggan online dan offline. Akhirnya menciptakan kesulitan dalam mengambil keputusan berdasarkan data.

Solusi: AnalyticDB for PostgreSQL, PolarDB, dan DataWorks.

Kopi Kenangan berfokus untuk mengoptimalkan data lifecycle miliknya. Dengan mengadopsi AnalyticDB, PolarDB, DataWorks, dan mengintegrasikan solusi dari pihak ketiga seperti Tableau, perusahaan ini berhasil membangun sebuah real-time data warehouse. Melalui database operation dari Alibaba Cloud, Database Transmission Service (DTS), satu sumber data yang disimpan di PolarDB dapat disambungkan ke AnalyticDB hanya dalam beberapa detik.

PolarDB juga mendukung teknologi high concurrent, dengan penyimpanan data hingga 100TB. AnalyticDB for PostgreSQL adalah layanan data warehousing dengan massively parallel processing (MPP), yang mendukung queries interaktif berkinerja tinggi dan menangani alur kerja analitik end-to-end dengan lancar.

Dengan bantuan tool manajemen data DataWorks kami, Kopi Kenangan juga memperkuat kemampuan intelijen bisnisnya dan menyederhanakan proses pengambilan keputusannya.

Tantangan: #3 Mencapai Low Latency / Latensi Rendah

Masalah: Latensi jaringan yang tinggi menghambat akses ke sistem backend.

Solusi: Object Storage Service (OSS)

OSS adalah layanan penyimpanan cloud terenkripsi dan aman. Ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan, memproses, dan mengakses data dalam jumlah besar - dari seluruh lokasi. Karena digunakan bersama dengan solusi berbasis cloud Alibaba Cloud lainnya, Kopi Kenangan mencapai latensi rendah dan pengalaman end-user yang superior. Ini adalah hal yang sangat penting untuk bisnis e-commerce yang sedang berkembang.

OSS juga merupakan solusi yang hemat biaya dengan penghematan yang terbukti pada pengoperasian dan pemeliharaan sistem. Kedua hal ini krusial apalagi jika volume data terus bertambah.

Tantangan: #4 Meningkatkan Keandalan Jaringan

Masalah: Koneksi jaringan yang tidak dapat diandalkan memengaruhi produktivitas dan pengalaman end-user.

Solusi: Cloud Enterprise Network (CEN).

CEN memberikan jaringan global yang hybrid dan terdistribusi, menyediakan transmisi yang stabil dan lingkungan jaringan yang luar biasa. Hasilnya, pengguna Kopi Kenangan mendapatkan keuntungan dari kecepatan transmisi tinggi dan jaringan latensi yang rendah.

CEN dapat memfasilitasi komunikasi antara VPC-to-VPC dan VPC-to-IDC. Informasi rute dalam CEN dapat dipelajari dan didistribusikan secara otomatis. Ini memungkinkan fast routing convergence serta peningkatan kualitas dan keamanan jaringan. Fasilitas ini menguntungkan Kopi Kenangan yang memiliki pengguna pemeliharaan yang bekerja di Indonesia dan Beijing.

Tantangan: #5 Memastikan Aturan Compliance

Masalah: Compliance berdasarkan aturan secara global, lokal dan industri dibutuhkan dalam bisnis - khususnya untuk transaksi online.

Solusi: Security & Privacy Compliance service and local expertise.

Dengan adanya data center lokal di Jakarta, Kopi Kenangan dapat menyimpan datanya di Indonesia, membuatnya memenuhi syarat compliance lokal. Lokal dan global compliance kami yang berdedikasi juga membantu Kopi Kenangan mendapatkan compliance di semua peraturan yang diperlukan.

Alibaba Cloud adalah ahli dibidang retail dan telah membantu beragam bisnis beralih ke O2O bisnis. Kopi Kenangan adalah satu dari beragam kisah sukses kami yang sekarang dapat menikmati real-time data analytics dan memberikan pengalaman omnichannel yang lancar.

Alibaba Cloud adalah penyedia cloud kelas dunia dengan kehadiran lokal yang kuat di Indoensia. Kami dapat membantu bisnis retail Anda dalam tahap persiapan, peluncuran, dan meraih sukses dengan O2O business models – dan masih banyak lagi. Untuk mempelajari lebih lengkap mengenai pekerjaan kami, download whitepaper Best Practices of Cloud Adoption in Indonesia sekarang.

0 0 0
Share on

Alibaba Cloud Indonesia

21 posts | 3 followers

You may also like

Comments

Alibaba Cloud Indonesia

21 posts | 3 followers

Related Products